Friday, December 1, 2006

Subhanallah..

Maha Suci Allah yang telah mengkaruniakan begitu banyak hal indah dalam dunia seorang lny...
termasuk keindahan pertemuan dengan banyak orang yang begitu menginspirasi.
minggu yang padat ini, begitu banyak aktivitas, ujian, tugas, editing buku,khataman buku Wren, termasuk urusan catering, ditutup dengan event yang sangat baik, International Conference on Operations and Technology Management, suatu konferensi taraf internasional hasil kerjasama SBM ITB dengan Fakultas Teknologi Universitas Utara Malaysia, gaweannya temen2 di KK OPM (Adit&Nita yang pulang malem terus dalam rangka persiapan acara ini).
Karena kewajiban moral sebagai mahasiswa yang dianjurkan mengikuti konferense ini demi menambah ilmu tadinya merasa terpaksa untuk mengorbankan session bangun siang di hari sabtu (its the only day that i can wake up after 6 :p
tapi ternyata ya.. Alhamdulillah, makasih ya Pak Gatot atas 'kewajibannya', karena ternyata begitu banyak yang bisa didapat dalam acara ini.
i always love everykind of knowledge sharing, dan ternyata this were the main aim of this kinda event. hihi.. dasar baru tau ya, jadinya amaze gitu pas ketemu senior kuliahan yg cuma beda seangkatan tapi tampak beliau sudah berkontribusi dalam present her papers everywhere.
wuh... berat juga ternyata jadi scholar ya, punya tanggung jawab untuk mengamalkan ilmu yang diperolehnya. seperti seorang musisi yg punya kewajiban moril untuk mengadakan konser, pelukis yang pameran, dan penulis yang launching buku terbaru... seorang akademisi dan peneliti juga wajib harus membagikan keilmuannya dalam bentuk seperti ini.
very interesting future :) amiiin....
even if, cuma konsep belaka, though bukan belaka juga sih, karena apapun isi tulisannya itu pasti hasil dari cumulative learning seseorang selama bertahun2; tapi bisa jadi starting point yang bagus untuk beribu penelitian selanjutnya.
bukankah aristoteles juga yang meletakkan dasar dari scientific method sebelum kemudian empat abad didepan Taylor mewujudkannya dalam suatu teori.
seperti kata wren dalam edisi epilogue (yg secara ngga sopannya dipaksakan untuk kubawakan in english pula, hanya dengan pemberitahuan 4 detik sebelumnya, huuuh!!)

Today is not like yesterday, nor will tomorrow be like today; yet today is a synergism of all our yesterday, and tomorrow will be the same.
There are many lessons in history, and the most important one is the study of the past as prologue
(History of Management THought, Daniel A. Wren, 2005)

konferensi hari ini adalah masa lalu untuk seorang lny besok hari, menjadi pelajaran yang amat mendasar tentang kewajiban moril seorang scholars, insyaAllah amanah ilmu ini akan lny amalkan dalam bentuk sebaik mungkin, untuk menjadi kontribusi original dalam dunia keilmuan, sekaligus bernilai ibadah untuk bekal kehidupan di dunia yang akan datang nanti, amiin.

"Dan milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi,
dan (pengetahuan) Allah meliputi segala sesuatu." (Q.A. An-Nisa, 126)

2 comments:

belgaman said...

waduh keduluan lenny neeh nulis quote nya wren :p

adit pake juga gpp kan ya?? :D

Umam said...

mungkin bisa juga dihubungin sama kuliah dari prof basheer tadi siang .
perintah pertama yang diterima oleh Nabi SAW dari Allah adalah IQRA! baca!
dan bener kata prof, bukan sekedar baca atau learn, tapi juga praktikan, dan lantas sebarkan.
jadi tugas yang pertama dan utama dari Allah bagi kaum muslim jika demikian adalah supaya kita meniliti, to be a scholar. isn't it?

*di tengah kebingungan gara2 system dynamic..